INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE
APA SIH INTEGRASI ITU?
Tujuan utama sebuah sistem informasi adalah memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat, karna itu suatu data atau sistem yang terintegrasi sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi.
Definisi integrasi yaitu saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari suatu sistem rutin dapat diambil oleh beberapa sistem yang lain sehingga terbagi menjadi dua integrasi yaitu; integrasi data dan integrasi sistem. Integrasi data adalah proses penggabungan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajemen informasi yang lebih baik, Integrasi sistem adalah rangakaian proses untuk menggabungkan beberapa sistem komputerisasi dan software aplikasi.
MANFAAT INTEGRASI
Manfaat integrasi sebagai salah satu sumber utama infromasi mungkin kerap tidak kita sadari karena terlalu sibuk mencari data atau informasi yang berasal dari sumber yang berbeda yang mmenyebabkan beberapa database tidak tertata rapi, dari hal ini dapat disimpulkan bahwa manfaat integrasi dapat manjadikan seluruh data pada satu sistem sehingga dapat tercipta sebuah database yang tertata rapi dan mudah diakses.
Perusahaan yang menerapkan integrasi data dan integrasi sistem dapat menjadi lebih unggul daripada perusahaan lain, hal ini dikarenakan perusahaan akan lebih cepat dalam mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan.
Memiliki user interface juga merupakan hal penting yang dibutuhkan, user ini dapat membantu adaptasi karyawan sehingga mereka tidak akan kebingungan dengan sistem yang digunakan.
CARA MENGINTEGRASIKAN APLIKASI
Function aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil oleh aplikasi lain, seperti messaging application saling terhubung satu sama lain sebagai media pertukaran data atau file antara pengirim dan penerima.
CONTOH INTEGRASI APLIKASI
Contoh integrasi pada aplikasi adalah integrasi antar aplikasi office, aplikasi office memiliki berbagai fitur sebagai berikut:
- Membuat surat tabel, desain sederhana, dan dokumen serta pengolahan data pada Microsoft Word.
- Mengolah data berupa perhitungan angka maupun grafik dengan Microsoft Excel, pengguna juga dapat membuat lembar kerja spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi akurat dan mudah dioperasikan.
- Media presentasi dengan menggunakan slide pada Microsoft Power Point menjadi jauh lebih menarik.
Contoh integrasi antar aplikasi office yaitu:
- Membuat table of content pada Microsoft Word.
- Linking and Embed pada Microsoft Office.
- Membuat surat massal pada Microsoft Word dengan menggunakan database yang ada pada Ms Excel atau Ms Access.
- Membuat grafik pada aplikasi Microsoft office.
Comments
Post a Comment